Kamis, 25 November 2010

laba-laba "kekuatan jaring anti peluru"


Anda pasti sudah sangat familiar dengan serangga yang satu ini..., hmm..serangga???

--Apakah laba-laba adalah serangga.??--

Banyak orang yang menganggap makhluk ini adalah sejenis serangga, padahal faktanya laba-laba bukan termasuk golongan serangga. meskipun mereka berada dalam filum yang sama yaitu arthropoda (hewan beruas-ruas) tetapi laba-laba berbeda dengan serangga. serangga termasuk dalam kelas insecta, sedangkan laba-laba termasuk dalam kelas arachnida.
perbedaan laba-laba dan serangga terlihat jelas pada jumlah kakinya. serangga memiliki 3 pasang kaki (hexapoda) sementara laba-laba memiliki 4 pasang kaki (oktapoda)


--Bagaimana ciri morfologi laba-laba..??--

seperti yang terlihat pada gambar di atas, tubuh laba-laba terdiri atas dua segmen. segmen bagian depan disebut Cephalothorax yang merupakan gabungan dari kepala (cephalo) dan dada (thorax), sedangkan segmen bagian belakang disebut abdomen atau perut.

keempat pasang kaki laba-laba menempel pada cephalothorax. laba-laba memiliki satu sampai empat pasang mata. laba-laba memilki sepasang rahang bertaring besar (chelcera) dan alat bantu mulut yang disebut pedipalpus. laba-laba tidak memiliki gigi untuk mengunyah, sebagai
gantinya mulut laba-laba berfungsi sebagai alat hisap untuk menhisap cairan tubuh mangsanya.

tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera. benang sutera dihasilkan melalui kelenjar spineret yang terletak pada bagian belakang abdomen.

--Seberapa kuat jaring laba-laba..??--

coba kita bayangkan....seekor lalat sedang terbang kesana-kemari, ia tidak menyadari kalau didepannya terdapat jaring laba-laba. apa yang terjadi..? yang terjadi adalah lalat tersebut menempel dan terjebak di jaring. bagaimana bisa jaring yang kelihatan tipis tersebut dapat menghentikan lalat yang sedang terbang dengan kecepatan yang tinggi??

benang laba-laba terdiri dari ikatan molekul protein yang panjang. benang ini memiliki daya elastisitas yang tinggi sampai 40 %. sifat elastisnya berasal dari butiran-butiran cairan kecil pada benang. setiap butiran berisi cadangan benang, yang apabila ada mangsa yang tertangkap benang dalam butiran secara otomatis akan memanjang sehingga jaring tidak akan putus.

ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan bernama kevlar, yaitu sebuah bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket anti peluru. bahan kevlar tersebut lima kali lebih kuat daripada besi.

akan tetapi, benang laba-laba yang lebih tipis dari rambut dan lebih ringan dari kapas tersebut ternyata 10 kali lipat lebih kuat dari bahan kevlar, dan 5 kali lipat lebih kuat daripada serat baja dengan ketebalan yang sama. padahal kita tahu bahwa baja merupakan material paling kuat yang manusia gunakan sebagai konstruksi bangunan.


jadi, jangan main-main...

-meskipun kecil, laba-laba menyimpan "segudang" keajaiban....-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar